by

Anies Beberkan Strategi Sukses Gelar Jakarta E-Prix 2022 : Planning, Planning, Planning!

Jakarta – ligo.id – Formula E Prix Jakarta yang sukses digelar pada Sabtu (4/6/2022) membuat banyak pihak bertanya bagaimana membangun sirkuit untuk sebuah event kelas Internasional hanya membutuhkan waktu kurang dari 2 bulan.

Gubernur DKI, Anies Baswedan membeberkan apa yang dipersiapkan Jakarta untuk menggelar even balap Formula mobil listrik di kawasan Ancol Jakarta Utara.

“Persiapannya hanya ada tiga poin. Satu planning, dua planning dan tiga planning,” jawab Anies sambil tertawa.

Menurutnya, perencanaan yang matanglah yang dilakukan DKI Jakarta dengan Organizing Committee sehingga even balap internasional setelah Formula 1 itu bisa digelar.

Dengan panjang trek yang hanya 2.7 kilometer, yang awalnya diragukan banyak pihak, Anies mengatakan, ada banyak hal yang tidak dilihat orang secara langsung apa yang sebenarnya terpasang di sirkuit itu.

“Lihat saja, panjang trek gak nyampe 3 Km. Tapi orang tidak tahu, ada sekitar 60 Kilometer kabel yang terpasang difasilitas ini. Kabel listrik, kabel telekomunikasi dan sebagainya,” ungkap Anies.

“Jadi, dibalik tampilan yang nampak sederhana ini ada sofistikasi yang luar biasa,” sambungnya.

Kata Anies, perencanaan yang dilakukan tidak muncul secara tiba-tiba atau dengan cara berimprovisasi atau untuk sekedar untuk hal yang menyenangkan.

Mungkin Anies sedang menyentil persiapan Race di Mandalika saat adanya atraksi pawang hujan yang jadi perhatian dunia.

“Ini bukan acara yang kita improvisasi last minute. Semua direncanakan dengan tertib, dengan rapi, dengan sistem, tidak hura-hura di ujung,” ujarnya. #cak/rd

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed